26 thoughts on “MENYIKAP TABIR DIBALIK HUBUNGAN MESRA INDONESIA DAN NEPAL

    • ternyata dahsyat juga hubungan Indonesia dan nepal…. transaksi terbesar no empat. tapi lucu juga kagak ada kedutaan nya mbak.. dr banyak negara yang mbak kunjungi apa semua ada kedutaan indonesia nya?

      • ga semua ada KBRI atau KJRI, kadang 2-3 negara jadi satu , apalagi di Amerika Selatan sana. Negara kecil kecil berdekatan dijadikan satu kedutaan. Kebalikannya di US, satu negara bisa 3 konjen, di Washington ,LA . Ya aneh juga kalau hubungan ekonominya bagus gitu kok ga buka KBRI disana ya, kan memudahkan pebisnis kita.

      • kalo 2-3 negara digabung dalam satu KBRI atau KJRI apa akan ada beda saat WNI membutuhkan pendampingan dr kedutaan? misalnya ketika kita ke negara A eh perwakilannya ada di negara B

      • Ah, ya memang gitu, negara lain juga suka memberlakukan seperti itu. Indonesia kadang dianggap kecil, digabung dengan Malaysia atau Singapore, bisa ditempatkan di salah satu dari tiga negara itu. Ruwet memang. kebetulan pas mbak mau posting database untuk keperluan pengurusan visa kenegara lain, disitu kelihatan beberapa negara dijadikan satu.

  1. Wow, terharu membacanya, ternyata di tengah berita ‘miring’ yang bersileweran dari dalam negeri sendiri, justru di luar negeri [Nepal] menjadikan negara kita sbg kiblat belajar demokrasi.
    Semoga Indonesia tetap memiliki nilai lebih di mata siapa pun, terutama kita, anak negeri yaaa. Sukses terus Indonesiaku, sukses juga hub bilateral Indo-Nepal. Trims ulasannya, Ariel!

  2. gak nyangka bgt…tp , ttp bangga dengan indonesia. btw….jd ke inget perjalanan 5 hr di Nepal dan met so many friendly people there…kapan lg riel ksana ????

  3. buat paspor indonesia kan udah ada visa on arvel di nepal bisa dong masuk ke nepal
    tapi buat pp nepal harus ada visa kunjungi ke indonesia teman teman ku banyak ingin main ke indonesia susah urus nya visa

  4. semoga saja cepat ada kedutaan nepal di jakarta sebalik nya kedutaan ri .di kathmandu karna saya susaha betul urusan apa saja harus bolak balik ke bangla des banaykan biyaiya kalau bisa urusan di jakarta kan gampang

  5. saya sudha tingal di indonesia 10tahun blm ada kedutaan nepal di jakarta semoga pemrentaha han baru indonesia bisa bijak sana dan ada kedutaan ri di kathamandu sebalik nya di jakarta ada kedutaan nepal aminnnnnn

Leave a comment