902 thoughts on “[JANGAN] MENIKAH DENGAN GADIS ACEH

  1. tulisannya bagus bang…like it. mnrt sy d semua tempat punya adat budaya masing2..tp itu terpegantung dr pasangn tersebt. d daerah sy mahar ada yg lebih dr yg abg tulis d atas..ya itulah indonesia. marilah kita ambil positifnya…kita contoh yg baiknya, kita tinggalkan yg jeleknya..jadilah pribadi yg lebih baik

  2. untuk para commenters negatif yang NGAKU-nya ORANG ACEH,
    pahami kalimat ini : THIS IS ACEH, NEGERI INI BERBEDA.
    itu lirik lagu karya ANAK ACEH, ini lah aceh, aceh ini memang berbeda, sudah seharusnya kita bangga terhadap budaya nanggroe ini, bukan malah menghina karya saudara sendiri, artikel ini untuk memperingati orang2 di luar aceh akan bagaimana budaya dan adat aceh, dan harusnya ini menjadi tonggak ukur derajat wanita lain diluar aceh, ini juga menjadi bukti bahwa aceh pernah memiliki masa kejayaan islam-nya dengan meng-HARGAI wanita dengan harga yang “MAHAL”, sama seperti ketika masa Rasulullah yang mengangkat derajat wanita.
    sekali lagi, untuk para COMMENTERS NEGATIF, ada satu pertanyaan dari saya,
    dari mana anda lahir kalau bukan dari lubang hina yang terdapat pada wanita ?
    lantas, pantaskah kita sebagai lelaki meng-HARGAI-nya dengan HARGA MURAH ?

  3. Saran dari gua..om yg buat posting tolong judul post nya di rubah..tak sepaham dan sesuai antara judul post sma isinya..terlebih dibahgian ending nya..coba pahami semua rekan netter…

  4. Tak cocok antara judul thread dama isi post nya.. Inilah yg bisa buat profokatif antar komenter..seharusnya disesuaikan antar isi dan judul nya..ketika kita saya liat ada yg ngeshare di fb sya jdi pnasaran dan penuh tanda tnya sama isi artikelnya..waktu di baca malah bnyak positifnya..tapi ane saranin tolong lah admin ganti tuh judulnya.. Mkasih.

  5. Rasul mengangkat martabat wanita bukan dengan adat mahar yg MAHAL namun dengan memberikan PERSAMAAN DERAJAT, HAK DAN KEWAJIBAN juga dimiliki berimbang dengannya. Pernikahan bukanlah hal yg harus dipersulit hanya karena sesuatu ADAT UNIK tapi MENGIKAT LEHER. Wanita dimuliakan bukan dengan MAHAR melainkan dengan memudahkannya agar segera menikah dengan JALAN YG DIMUDAHKAN.

  6. Kalau menurut aku udah bagus ini, dg judul yg seakan2 menjelek2an wanita aceh itu dapat memancing orang2 untuk membaca. dan inti dari artikel ini mengangkat derejat wanita aceh dimata orang2 luar daerah aceh, bahwa sebenarnya wanita aceh dalam adat istiadat dianggap mahal karena wanita aceh memiliki sifat yg bisa diandalkan. Akan tetapi tidak semua juga baik, disetiap daerah itu manusia nya berbeda2 itu sudah pasti , ada yang baik dan ada yg tidak baik.

  7. gak pantas banget tu postingnya….
    kalau mau buat post knali dulu dan dalami adat kbudayaannya….
    iya sih sbagian nya menjunjung kpribadian perempuan aceh…
    tapi judulnya itu mas bro…..
    salah banget……
    perlu anda ketahui gdis aceh tidak seperti harga yg sudah anda hitung2,, kalau blum tau jangan asal buat postingnya mas

  8. hehheh………. yang menghina bangsa Aceh adalah manusia latnatulah, budaya dan adat istiadat dalam pernikahan di Aceh tidak ada yang namanya uanga hangus dan isi kamar, saya rasa yang mengangkat artikel ini bajingan dan anjing tengik serta sok tau prilaku adat istiadat tanah rencong… saya asli bangsa Aceh ngak pernah mendengar adanya uang hangus dan uang isi kamar kalau kita menikah dengan anak perempuan berasal dari tanah Aceh.
    Sebenarnya kalau anda memiliki keturunan dari Aceh harus bersyukur dan berbangga, kalau saya cerita mungin cukup banyak kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh setiap keturunan bangsa Aceh tidak sebanding dengan daerah lainnya. Saya secara pribadi membaca artikel di atas sagat tersinggung karena menganggap budaya yang telah menjadi dan dihormati oleh bangsa Aceh dikatakan berlebihan dan mengada-ngada.
    Sebenarnya mahar yang dia berikan kepada mempelai wanita semua itu juga untuk kita selama kita hidup dengan siperempuan tersebut, bahkan ada kala mahar tersebut digunakan oleh pihak si perempuan untuk mengisi kamar pengantin dan ini seizin pihak pengantin perempuan karena mahar tersebut merupakan harga dirinya dan harus seizin mempelai perempuan, dan seperti disebutkan isi kamar, itu tidak ada di Aceh.. kalau di padang mungkin ada istilah yang namanya uang hangus dan uang isi kamar. Saya mohon jangan mendiskriminasi perempuan-perempuan Aceh, dan anda perlu tau perempuan Aceh jauh berbeda dengan perempuan-perempuan di luar Aceh.. hal ini bleh dikaji ulang kalau bisa buat penelitian, jangan macam-macam dengan perempuan Aceh… boleh lihat sejarahnya. bagaimana kedudukan dan martabat wanita Aceh
    Saya ingin yang menulis artikel ini lebih baik menelaah kembali jangan seenak otak dia saja yang menyatakan seperti itu. jangan sok taulah kalau memang tidak tau.
    Kesimpulannya kalau kita menikah dengan wanita Aceh sangat diuntungkan bagi calon menantu apalagi kalau wanitanya dari kalangan orang berada walaupun maharnya cukup mahal dia akan diberikan rumah dan tanah atau modal usaha oleh bapak menantu untuk bisa hidup mendiri serta rumah sehingga orang tua menginginkan anaknya hidup tentram dan damai. Mohon yang nulis artkel ini perlu di cuci otaknya ya. pakai air ACCU saja untuk otak seperti itu.
    Wassalam dari putra bangsa Aceh. Zulkarnen Muhammad Kiran

    • “Saya mohon jangan mendiskriminasi perempuan-perempuan Aceh, dan anda perlu tau perempuan Aceh jauh berbeda dengan perempuan-perempuan di luar Aceh.. “———-

      hahha kayaknya capek betul dia merepet. baca beu abeh.. bek meubreut2. malee ureung Aceh nyan laen.. kaleuh ta tuleh ureung inong Aceh hebat meunteung chit meu pep pep..

      • Lon rasa geubaca ka abeh, tp hana geutu’oh peuphom……
        Watee geubaca ukeue katuwo ata yg dilikot…… Hehehehe

    • “kalau di padang mungkin ada istilah yang namanya uang hangus dan uang isi kamar.”

      Maaf anda merasa terhina ketika adat daerah anda di tuduh yg tidak2, apa sebutan yg pantas anda berikan padany? tidak sopan? sok tau? pembohong? atau bajingan yg tak tau adat? lalu kenapa anda juga melakukan hal yang sama dengan org yg membuat artikel ini? trus apa bedanya anda dengan dia? biar saya perjelas anda dan orang yg membuat artikel ini sama saja. tdk tau, tp sok tau, tidak memahami tp pura2 paham. klo tidak mengerti jangan menilai. terimakasih

  9. mungkin judulnya yang harus di ganti, karena judul itu sangat berpengaruh terhadap isi, sebelum kita baca isinya pasti baca dulu judulnya, toh setelah membaca ada makna yang bagus yaitu budaya aceh menjunjung tinggi kaum perempuan

  10. Sebaik baiknya wanita adalah ia yang yg meminta mahar serendah2nya..
    Sebaik2nya lelaki adalah ia yg memberi setiggi2nya mahar :)

  11. Saya wanita aceh yg dlm january 2015 ini akan menikah. Tp dlm lamaran tidak meminta cincin untuk mengikat. Dan tidak meminta mahar yg berlebihan seperti yg disebut diatas.
    Wanita Aceh skrg smakin paham bahwa agama tidak membolehkan sesuatu yg berlebihan. Bahkan untuk mahar dan seserahan sekalipun. Saya terima sebesar apapun atau sekecil apapun yg mampu diberikan oleh calon suami saya.
    Krn prinsipnya kehidupan yg sebenarnya adalah setelah pernikahan itu.
    Menurut saya kl ada wanita aceh yg tidak setia atau sifatnya meninggi. Itu bukan krn dia berasal dr aceh. Kalau sudah masalah sifat kembaliin lg aja ke diri masing2. Semua orang punya sifat tersebut. Hanya saja ada yg mengendalikannya dan tidak. Terimakasih

  12. Ass… Untuk Anda Gadis Aceh berbanggalah karena anda dilahirkan dikalangan bangsa yang terhormat, dan sudah pantas di hargai dan di hormati selayaknya bangsa yang bermartabat..
    wassalam

  13. Kenapa om smpe sgtu na buat artikel..pernah ditolak yaa sm gadis aceh..ksiaannn
    Kalau gak mau kluarin uang gk usah nikah om….

  14. Wanita Terhormat Adalah Wanita Muslimah, santun bahasanya, baik pekertinya, bukan dari gologan priyayi ataupun golongan rendah…disetiap titik sebuah desa ataupun kota pasti ada wanita muslimah..saya mengambil kesimpulan..wanita yang baik adalah apapun yang telah diberikan seorang suami kepadanya maka “Ia akan Bahagia” krn suami pilihannya adalah orang yang ia cintai..(tergantung niatnya)

  15. masih lebih sadis cwek makassar…minggu lalu sy nikah Uang Hangus 50 jt..resepsi 20 jt. cincin 2 jt..mahar tanah 5 Are… bingkisan buat cewek 5 jt… blum ongkos lain2.. tpi insya Allah smuanya itu spadan…

  16. Pingback: husnakumala's Blog

  17. Gak seperti postingan itu kami wanita aceh, gak pakek, cincin2 kawen,kalau masalah mahar ditentukan waktu tunangan brapa, n gak ada juga yang namanyua uang hangus,, dn gak adak isi2 kamar,
    semuanya tuu bohong hay

      • Nyan model yg geutupeue yg di gampong droe geuh sagai, hantom geujeungeuk u gampong urg laen.
        Ci cupo sarah jeungeuk u Aceh bagian selatan, simeulu, Aceh bgian teungoh dan Aceh rayek sigo-go, tp hana bandum keluarga syit bek salah lom runteuk…….!

      • ken adat beda2..panena sama mandum…di pidie jarang pake uang hangus,,,di minta mahar banyak,,ban gepulang tanoh 5 hetar untuk pengantin laki2,,pengantin laki2 kapayah khem lam sagouuu,,senang raya,,,bukan semata2 di mnta mahar banyak,,pasti ada kembaliannya dari pihak perempuannya…

  18. yang bikin orang kesel tuh judulnya bro “jangan menikahi gadis aceh” lebay banget, orang udah denger judulnya aja sakit hati.

  19. gunakan nalarmu bos, wanita itu pendamping hidup kita yg jika kita nikahkan dia akan menjadi milik kita seutuhnya, sudah sepatutnya kita memberikan dia keistimewaan, keistimewaan itu bukan berarti sebuah ancaman buat pria, melainkan bukti dari pria untuk meyakinkan wanita dan keluarganya akan kesanggupan kita.

  20. Artikel nya bagus, saya setuju, memang benar wanita aceh maharnya mahal, yang jadi pembantah sebenarnya pun tau, dan ngga Ada yg berani bilang “wanita aceh itu murah” masalahnya si penulis kan gak cuma nulis kalimat begitu saja “jangan nikahi wanita aceh” tp ada penjelasannya. Artinya jgn nikahi wanita aceh kalau kamu cuma berani bayar murah untuk mahar nya. Kan gitu !
    Kalau judulnya cuma dibuat “wanita aceh maharnya mahal” belom tentu kalian pada baca. Inti jih pih hana ji pegah ureung aceh nyan brok, ken na chit I peugah na yang menikah ngen surat al-anfal Sagai. Leh pu yang jeut keu dawa. Kadang tanyoe yg ka meunikah manteng saket ulee bak tapike keu nyan, yg peget jeut keu mehai pih ken si dara, tp si yah ngen mak tuan yak publoe aneuk.

  21. Apa yg anda uraikan itu tidak benar klau gadis aceh mahal maharnya. Sebenarnya tdk serta merta penentuan sebelah pihak perempuan. Tp atas dasar persetujuan dua belah pihak. Ada bnyk unsur dlm proses pernikahan yg anda hilangkan. Seperti nya tulisan anda mengandung agenda setting tertentu. Jgn sampai tulisan anda digugat kebenarannya. Harus melalui kajian ilmiah dan seminar nasional dan internasional lolos. Baru blh anda publikasi. Ini sdh diskriminatif biarpun kalimat terakhir positifis tp kalimat awal anda tdk kontruktif. Belajarlah dulu ya.

  22. Keren, pemilihan judulnya oke banget. Bikin orang penasaran dan tertarik untuk membaca isinya sampai habis. Dan aku rasa memang keadaan dilapangan ya bener kayak gitu. Ahahahaa.. Setidaknya artikel ini ngajarin kita budaya membaca, jangan cuma diliat dari judul dan langsung ngejudge gitu aja. Salut!

  23. iya tuh judul nya ,, baca nya , rasanya sakit nya tuh disini,,,di hargai mahal tu bgus brti berkualitas,, gc murahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s