MEREKA PARA PENGHUNI RUMAH GIB

Logo GamInong Blogger (GIB)

Logo GamInong Blogger (GIB)

GIB alias GamInong Blogger merupakan tempat berkumpulnya para blogger keren Aceh. Mereka yang tergabung dalam Komunitas ini memiliki semangat yang sama untuk “menjual” sisi positif Aceh ke dunia. Tidak mudah bisa masuk dalam komunitas ini. Yang sudah masuk saja  juga belum tentu dapat bertahan lama. Tidak berkarya atau membuat kegaduhan cukup menjadi alasan bagi admin untuk mengeluarkan member tersebut. Dan ini sudah pernah terjadi, meskipun blogger tersebut diterima kembali karena mengaku sudah taubat nasuha dan tidak mengulangi nya lagi.

Nah dalam tulisan ini saya akan memberi sedikit gambaran tentang beberapa blogger. Sejumlah nama berikut merupakan mereka yang tersohor baik karena karya maupun tingkah mereka. Tulisan ini dibuat berdasarkan fakta dan lebih banyak imajinasi liar penulis. Penomeran bersifat acak dan bukan perangkingan.

1. Azhar Ilyas

Azhar Ilyas

Azhar Ilyas

Tidak banyak bicara namun penuh dengan karya. Itulah sosok Azhar Ilyas. Sebagai pendatang baru dalam dunia blog, Azhar dengan cepat mensejajarkan dirinya dengan para penulis kawakan. Keberhasilannya dalam meraih juara pada lomba blog “Piyoh” seakan membuktikan kemampuan menulisnya yang terpendam.

Moment tersebut seakan menjadi titik balik Azhar dalam memantapkan karirnya sebagai seorang blogger. Anak ke empat dari enam bersaudara ini memang sosok pendiam. Tidak banyak yang tau tentang kepribadiannya. Namun ibarat pepatah “air tenang menghanyutkan” Azhar pun lambat laun menunjukkan eksistensi nya dalam  dunia menulis.

Melalui Tulisannya, Azhar ternyata juga mampu menyelamatkan keluarganya. Krisis yang disebabkan oleh buruknya Insinerasi atau pembakaran alat medis pada sebuah RSUD akhirnya dapat diselesaikan. Lewat tulisannya yang dipublish pada salah satu media lokal akhirnya proses pembakaran akhirnya dihentikan. Padahal sebelum langkah curhat ke media dilakukan Azhar, pihaknya sudah melaporkan secara lisan kepada pihak terkait namun tidak pernah digubris. Dengan berhasilnya Azhar “memenangkan” kasus Insinerasi tersebut sekali lagi menunjukan kelas Azhar dalam kancah penulisan tanah air.

Tulisannya yang terbaru tentang “Duet-duet Super Komunitas Gam Inong Blogger” yang di publish di GIB ternyata mampu menarik perhatian pemirsa. Dalam tulisannya Azhar mampu menghadirkan cerita lain dari setiap Blogger yang menghuni komunitas GIB. Dalam tulisannya tersebut Azhar berhasil mengangkat sisi menarik dari sejumlah blogger yang bernaung dalam komunitas GIB.

Banyak yang mengatakan jika Azhar kini berubah. Sejak menjadi penulis, sarjana Ekonomi ini mampu menunjukkan kepribadian nya ke ranah publik serta menjadi sosok yang lebih terbuka. Sesuatu yang hampir belum pernah terjadi pada satu dekade terakhir.

2. Ferhat

Ferhat

Ferhat

Bagi para penulis di Aceh dan Nasional, nama Ferhat memang sudah tidak asing lagi. Karyanya yang wara wiri disejumlah media Lokal dan Nasional ikut melambungkan nama yang menyukai buah Mengkudu ini.  Saya mengenal baik penulis yang aktif ngeblog di www.ferhatt.com sejak tahun 1985. Bahkan hubungan ini kami jalani dengan cukup serius. Kami tidak hanya pernah hidup serumah, bahkan pernah tidur seranjang. Tentu saja kabar ini mengagetkan banyak pihak. Namun memang sudah menjadi karakter Ferhat, jika isu tak sedap tak layak untuk diperbincangkan.

Meski mencintai dunia kepenulisan, namun Ferhat pernah banting stir menjadi Teller di sebuah Bank terkemuka di Dunia. Tapi pada ujungnya profesi tersebut ditinggalkan karena membuatnya jatuh miskin.  Sejak itulah Ferhat kembali eksis di dunia blantika tulis menulis indonesia. Ekonominya pun melambung drastis. Ferhat disebut sebut memiliki aset hingga 67 Miliar Rupiah. Sebuah angka yang sangat fantastis untuk seorang yang masih betah hidup sendiri ini.

Keputusan Ferhat meninggalkan dunia perbankan dan kembali aktif menulis disambut baik Para fans yang tergabung dalam Ferhattologi. Bagi mereka kembalinya Ferhat dalam dunia tulis menulis seakan memberi angin segar bagi perkembangan dunia pena di Indonesia.

Layaknya Agnes Monika dan Anggun C Sasmi, Mimpi Ferhat yang paling besar adalah menjadi penulis berkelas internasional. Bahkan Ferhat sudah menyasar negara tujuan. Papua Nugini dan Pantai Gading dua negara yang menurutnya cukup layak untuk membesarkan namanya.

Selain itu Ferhat berharap semua karyanya dapat diterjemahkan kedalam bahasa asing. Tidak hanya ke dalam bahasa inggris melain bahasa Arab, Jepang, China, Jawa hingga Ibrani. Menurutnya sukses itu adalah ketika karya berhasil menghipnotis manusia di seluruh dunia.

3. Citra Rahman

Namanya unik. Orang yang belum mengenalnya pasti akan mereka reka penulis ini laki laki atau perempuan ya. Namun ternyata Citra merupakan penulis gagah dan tidak sombong serta suka menyiram bunga. Selain menjadi penulis, Citra Rahman juga tercatat sebagai Pelari nasional dan tergabung dalam Trail Runners Indonesia.

Citra Rahman

Citra Rahman

Menghabiskan waktu dengan bersepeda, berenang dan tentu saja berlari tidak lantas membuatnya meninggalkan dunia kepenulisan. Bahkan hobi nya tersebut membuat Citra mengangkat tema alam dan petualangan dalam setiap tulisannya. Bersama teman temannya, Citra tengah menggarap bisnis travelling dengan tujuan Banda Aceh- Pulau Bunta (pp) dengan harga yang sangat murah namun tetap memberikan layanan kelas bintang lima.

Karyanya pun bukan sembarang karya. Karya tulisnya yang termaktub dalam www.hananan.com berhasil masuk dalam 100 web terbaik di Asia dengan kunjungan terbanyak versi on the sport. Bahkan Citra pernah dianugerahi the best author dalam lomba marathon.

sebagai blogger sejati, citra meyakini bahwa blog yang menarik itu bukan terletak pada widget yang memenuhi blog, tapi lebih kepada konten tampilan yang sederhana. baik itu warna theme dan tidak terlalu banyak aksesoris.

Penyuka karya Michael Buble ini pernah mengatakan jika tulisan travelling itu tidak harus bercerita tentang pengalaman jalan jalan ke luar negeri. Aceh memiliki segudang lokasi yang layak untuk dikunjungi dan tentu saja untuk ditulis. Wajar saja jika kecintaanya terhadap Aceh membuat sejumlah pihak memprediksi jika Citra akan menjadi Wali Nanggroe berikutnya.

4.Fardelyn Hacky

Fardelyn Hacky

Fardelyn Hacky

Penulis yang biasa disapa Ecky ini termasuk jajaran blogger dengan hasil karya yang mengagumkan. Penulis yang menetap di Thailand ini termasuk orang pertama yang mengkampanyekan dunia blog di Aceh. Maka tidak mengherankan jebolan Forum Lingkar Pena Aceh ini ditunjuk untuk menjadi Ibu negara dalam komunitas GIB.  Kemampuan, manajemen dan loyalitas nya terhadap dunia kepenulisan memang tidak perlu diragukan lagi dan patut untuk diancungi empat jempol.

Ecky tergolong penulis yang rajin mengikuti lomba menulis. Maka tidak mengherankan jika hampir semua tulisannya mampu menghasilkan uang dan barang. Ecky penulis yang setiap tulisannya mampu menarik perhatian dewan juri dalam lomba lomba yang diikutinya.

Selain pintar menulis fiksi, Ecky juga memiliki kemampuan membuat sinopsis. Dikenal sebagai penulis garang namun Ecky tetap dicintai keluarganya karena kecintaan nya terhadap dunia kesehatan.

Meski tak lagi muda, Ecky masih memiliki cita cita mulia. Menjadi fasilitator perdamaian di Thailand Selatan. Baginya setiap konflik selalu ada jalan keluar. Cinta yang dituang dalam susunan kata kata merupakan salah satu caranya. Ecky kini juga tengah menggarap karya fiksi bergenre cinta remaja yang diangkat dari kisah nyata masyarakat lokal di Thailand. Karya sastranya ini rencananya akan di terjemahkan kedalam tiga bahasa, inggris, Thailand dan Indonesia. Jika sukses cerita tersebut juga akan di filmkan serta diikutsertakan dalam AIFFA sebuah ajang lomba film berdurasi pendek tingkat Asia.

5. Alvawan Nazmi

Sosok religius yang menyukai pisang ini tentu sangat familiar bagi para blogger di komunitas GIB. Meski miskin karya namun Alvawan memiliki segudang cerita. Cerita cinta hingga kegalauannya menghadapi masa depan. Alvawan dikenal dengan blogger nyentrik nan penuh sensasi.

Alvawan Nazmi

Alvawan Nazmi

Kulit pisang adalah hasil karya nya yang paling tersohor menurutnya dan keluarga di rumah.  Karya maestro ini sudah disusunnya sejak lama namun tak kunjung selesai. Sejumlah blogger mengusulkan agar Alvawan meninggalkan karya nya tersebut dan beralih ke karya lain yaitu kulit manggis.

Alvawan seakan menjadi magnet baru dalam komunitas GIB. Penulisannya yang jarang dilengkapi referensi kuat serta diksi yang kerap salah tidak membuat nama ini luntur. Bahkan namanya semakin melambung pasca diterbitkannya tulisan “Tentang Anggota Gam Inong Blogger Yang Tersohor”. Karena tulisan itu pula blog Alvawan yang selama ini sepi menjelma menjadi web terbaik versi Bibi Inem Institute.

Alvawan juga dikenal sebagai blogger yang lucu. Pernah menjadi finalis dalam stand up comedi namun gagal meraih juara karena dianggap tidak lucu oleh para juri.

Dalam komunitas GIB, Alvawan yang berprofesi sebagai Guru Bahasa Indonesia ini disenangi bahkan dicintai oleh blogger lainnya. Hal tersebut terbukti dari statusnya yang selalu di sasar banyak komentator. Bahkan Alvawan disebut sebut sedang jatuh cinta dengan salah seorang Blogger di GIB. Siapa dia? Hmm kita tunggu saja konferensi persnya. (Semoga ada yang datang ya….)

6. Ihan Sunrise

Namanya sempat memunculkan kehebohan di komunitas GIB. Banyak yang mempersoalkan tentang identitas Ihan Sunrise. Mereka yang belum pernah bertemu langsung pasti menebak jika ihan adalah seorang laki laki kekar berambut gondrong. Padahal Ihan merupakan bloger perempuan Aceh yang memiliki sensitifitas terhadap perasaan dan cinta. Hal tersebut terbukti dari beberapa tulisan sastranya yang di unggah dalam laman http://www.ihansunrise.blogspot.com.

Baginya blogger tidak perlu “menunjukkan” alat kelamin. Karena toh akhirnya pembaca akan melihat dan membaca hasil karya bukan yang lainnya.

Ihan

Ihan

Bagi penulis yang sedang jatuh cinta ini, sastra ibarat garam dalam sebuah masakan. Dalam hidup Jika kurang sastra maka akan terasa hambar. Tapi kalo hidup terlalu kesastraan juga akan terasa tidak menarik. (trus mau nya apa dong han?)

Penyuka musisi Iwan Fals ini ternyata juga menyukai dunia jurnalistik. Dalam bidang ini Ihan sekan mendobrak kekakuan dalam berpikir sejumlah kelompok. Ihan mampu menunjukkan  jika perempuan tentu dapat duduk dalam posisi penting dalam struktur manajemen sebuah media.

Cita cita terbesarnya adalah mejadi duta PBB untuk masalah perempuan dan anak daerah Konflik. Keinginan dapat mengunjungi korban perang di Suriah dan somalia.

7. Hijrah Saputra

Heiji

Heiji

menarik, tajir dan smart itulah gambaran sosok Hijrah saputra. Tidak habis kata menulis tentang Hijrah atau kerap disapa Heiji ini. Harta yang melimpah dan dikelilingi para tetangga yang baik tidak lantas membuatnya lumpuh layu. Bahkan Hijrah mampu menerapkan ilmu padi “meski mahal tapi tetap saja dibeli”.

Selain sibuk menulis, Hijrah juga sibuk mengelola bisnis nya yang kini berasset 72 Miliar rupiah. Dalam rumah GIB kekayaan nya ini hanya bisa disejajarkan dengan harta yang dimiliki Ferhat dan Ihan Sunrise. Menariknya kekayaan yang melimpah tidak membuat Heiji suka foya foya. Dirinya malah terdorong Hijrah untuk mendirikan sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan. Lewat yayasan ini Hijrah mampu menyekolahkan anak anak yang terlantar karena faktor ekonomi.

Penyuka film kartun Robots dan Pinocchio ini terus mengembangkan bisnisnya di sektor fashion dan toys. Dalam setahun Hijrah bisa membuka gerai baru hingga lima unit. Sebuah terobosan bisnis yang sangat meyakinkan.

Meski sukses dibidang bisnis, Hijrah sangat tertutup dengan urusan asmara. Tidak banyak yang tau siapa yang kini mengisi relung relung hati penikmat kopi ini. Meski demikian Heiji di isukan sudah menikah di Bali dengan seorang gadis yang fotonya pernah di upload di piyoh.blogspot.com.

Pengusaha yang juga penggiat wisata inijuga didaulat menjadi presiden GIB karena karya sastranya yang menggugah dunia. Pernah disandingkan bersama Nelson Mandela dalam film “ Forget not Forgive” membuat Madonna mendendangkan sebuah lagu khusus untuk Heiji berjudul frozen.

8. Cut Isyana Fadhila

Gadis mungil energik ini adalah salah satu penghuni di rumah GIB. Meski kecil namun jangan sangsikan kemampuannya dalam berlari dan melompat. Syana pernah meraih medali emas dalam lomba marathon serta medali perak dalam lompat galah saat turnamen olahraga di kampusnya

Selain gemar berolahraga alumni SMAN 61 Jakarta ini memang mahir menyusun kata. Dalam laman pribadinya cutisyana.wordpress.com, syana kerap menulis tentang pengalaman hidup serta hal hal menarik yang ada disekitarnya.

Cut Isyana Fadhila

Cut Isyana Fadhila

Cara penulisannya pun menarik. Syana berhasil menulis kalimat demi kalimat dengan ringan. Tentu saja hal ini dinikmati oleh para blogger. Karena tulisan yang ringan membuat hidup menjadi tenang dan tentu saja dapat mengurangi beban pasca kenaikan BBM dan gas 12 kg.

Sejak lulus dari jenjang S1, Syana melanjutkan studinya ke Italia. Selama di negara inilah kecintaan nya terhadap dunia menulis semakin besar.  Pengalaman menarik selama di Eropa juga turut menghiasi laman pribadinya itu.

Selain gemar menulis, Syana juga termasuk pecinta buku. Menariknya dia bukan termasuk pemilih dalam menentukan buku buku yang ingin dibacanya. Hampir semua genre buku di lahapnya hingga ke sum-sum tulang belakang. Sebut saja buku Berjuang di Tanah Rantau (Man Jadda Wajada Series, #3) karya Ahmad fuadi atau buku Why Men Love Bitches: From Doormat to Dreamgirl – A Woman’s Guide to Holding Her Own in a Relationship karya Sherry Argov.

Bahkan keasikannya dalam mebaca buku dapat membuatnya larut. Seperti saat membaca buku hafalan surat delisa karya Tere Liye. Buku yang mengangkat kisah korban tsunami Aceh ini berhasil membuat Syana menangis di dalam bus.

Mimpi besar lulusan manajemen komunikasi UnPad ini adalah dapat ikut serta meramaikan bursa presiden dalam pilpres 2014 ini.

9. Liza Fathiariani

Liza Fathiariani

Liza Fathiariani

Perempuan yang berprofesi sebagai dokter ini memang bukan sembarang perempuan. Sosok periang, pemberani, dan pantang menyerah ini adalah kandidat kuat penerima nobel sastra tahun 2014. Hal ini tentu sangat wajar mengingat banyak nya prestasi yang diraih liza selama ini.

Liza juga pernah dinobatkan menjadi salah seorang blogger perempuan inspiratif versi blog detik dalam rangka memperingati hari kartini. Kala itu jebolan Mts jeumala Amal Pidie jaya ini berhasil menyisihkan 21 blogger perempuan lainnya dari seluruh Indonesia.

Tidak hanya terpilih sebagai bloger inspiratif, liza juga memiliki segudang prestasi lainnya. Prestasi itu bahkan ditorehnya sejak duduk di bangku SMA. Sebut saja  Juara pertama lomba menulis essai Al Kahfi dan Komunitas Pemuda Muslim Singapura pada tahun 2005 dan juara pertama lomba menulis karya ilmiah Dinas Pendidikan Propinsi. Selain itu perempuan kelahiran tangse 1988 ini juga pernah keluar sebagai Juara ketiga lomba menulis Disabilitas Dalam Pandangan Masyarakat, kartuned.com tahun 2012.

Selain berprestasi dalam dunia kepenulisan, liza juga tercatat sebagai penyetor pajak terbesar di Indonesia. Tahun 2013 lewat bisnis permata dan batu baranya liza menyumbang pendapatan bagi negara mencapai 2,5 miliar rupiah. Jumlah ini menempatkan liza dalam lima besar penyetor pajak tertinggi di Indonesia.

Tahun 2014 ini Liza rencananya akan membuka bisnis penerbangan komersial. Menurutnya industri ini sangat bergairah karena pertumbuhan ekonomi masyarakat menengah Indonesia yang terus meningkat. Maskapai yang diberi nama batee Iliek air ini akan menghubungkan Aceh dengan sejumlah negara di Eropa dan Timur Tengah. Bagi anda yang ingin mengenal lebih dekat serta membaca karya-karyanya silahkan kunjungi laman liza-fathia.com.

10. Mira Maisura

Mira Maisura

Mira Maisura

penulis yang kerap disapa Mira ini memang lama menetap di Eropa. Setelah menyelesaikan studi tingkat atas, Mira langsung terbang ke Benua biru tersebut. Di Internastional University of Sarajevo Bosnia Herzegovina, gadis penyuka kopi ini meraih gelar pada bidang tekhnik dan ilmu komputer. Setelah itu ia melanjutkan masternya pada Program yang sama di Rheinische Friedrich-Wilhelms Universitat Bonn Jerman.

Menariknya meski kuliah pada ilmu komputer, jebolan Asia Bagus ini lebih tertarik untuk travelling dan masak. Kesukaanya dalam bidang kuliner mendorongnya mendirikan restoran berkelas internasional. Restoran yang diberi nama Ie Jok ini berdiri megah di tengah kotai Bonn dengan beragam menu tanah air termasuk makanan tradisional Aceh. Sebut saja Gado gado, pisang goreng, timphan dan es krim yang terbuat dari Ie Jok.

Selama berada di Bosnia, penyuka buku Winter of the World (The Century Trilogy #2) karya Ken Follett ini belajar banyak hal. Salah satunya adalah belajar memahami perbedaan karakter dan budaya.

Kini ditengah kesibukannya sebagai aktifis PPI jerman, Mira masih menyempatkan diri mengisi pengajian bagi Ibu Ibu Komplek. (saya kurang tau komplek mana ya). Wajar, karena pemahaman agama yang baik, Mira mendapatkan gelar Al Ustadzah AlKarimah dari kerajaan Saudi Arabia. Karena gelar ini pula membuat Mira bebas pulang pergi ke tanah suci secara gratis. Namun karena enggan menikmati fasilitas kerajaan Mira tetap membayar tiket meski Cuma 10 persen dari harga yang sebenarnya.

Lahir dari keluarga yang terampil membangun bisnis, Mira yakin restorannya akan mampu eksis ditengah memburuknya ekonomi Eropa. Namun Mira sudah menyiapkan rencananya yang lain. Apapun yang terjadi dengan bisnisnya di Bonn, Mira memutuskan segera menikah dengan seseorang pria tampan yang sosoknya masih dirahasiakan. Namun beberapa tulisan tengan pria tersebut sempat ditulisnya dalam laman pribadi Virtual-mee.blogspot.com

inilah beberapa nama blogger yang selama ini menghiasi wajah komunitas GamInong Blogger – GIB. masih banyak para penghuni yang patut kita angkat profilnya. namun sayang minimnya pendanaan menyebabkan penulis sulit mengeksplorasi mereka hehhe.. terimakasih sudah membaca

46 thoughts on “MEREKA PARA PENGHUNI RUMAH GIB

  1. Hahahaha! Pilih aku di pilpres tahun ini. Ketik isyana(spasi) okebanget kirim ke 123.

    Makasih Bang atas imajinasinya yang super :))

  2. hahaha,,,suka dengan tulisan ini. Keren, inspiratif, dan memberi masukan kepada kami blogger pemula.
    Walaupun dari 10 nama yg di usung ternyata cma 3 yg saya tahu dari blog mereka. Ternyata GIB adalah orang-orang hebat Aceh abad selanjutnya.

  3. Pingback: Alhamduliilah, Jadi Warga Gam Inong Blogger | Azhariblogger

  4. perasaan udh komen tadi di sini deh. Kok ga muncul yaaaa. Komen lagi ah.😀
    Wow, para penghuni GIB emang keren2 dan inspiratif yaaaa. Senang deh bisa berada di komunitas GamInong. Salam kenal juga untuk pemilik blog ini, selamat datang di GIB yaaaa.🙂

  5. Tapinya memenangkan nya masih dalam tanda kutip ya (hiks) .. cuma jadi tau kalau di indonesia banyak juga kasus serupa dan jadi ibrah buat diri sendiri agar concern/memperhatikan aspek lingkungan …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s