MENGENAL CHEK LAP KOK INTERNATIONAL AIRPORT

Chek Lap Kok adalah salah satu Bandara terbesar di dunia dan merupakan Bandara utama di Hongkong . Bandara  ini juga dikenal dengan sebutan Hongkong  International Airport (HKIA). Hingga kini Bandara yang pernah dinamai Kai Tak Airport ini terus memberikan kontribusi besar dalam menyokong ekonomi Hongkong.

Rute penerbangan dari dan ke HongKong

Rute penerbangan dari dan ke HongKong

Setidaknya 60 ribu orang bekerja di Bandara  ini. Hingga kini Hongkong International Airport disinggahi 90 maskapai penerbangan dengan melintasi lebih dari 150 kota di dunia. Karena dikunjungi banyak penumpang Bandara  ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai the 12th busiest airport worldwide oleh passenger traffic.

Aku di HongKong International Airport

Aku di HongKong International Airport

Luasnya HongKong International Airport

Luasnya HongKong International Airport

Aku pernah menjejakkan kaki di Bandara ini. Waktu itu aku transit sebelum melanjutkan penerbangan ke Kathmandu Nepal (baca ceritanya disini). Transit beberapa jam disini membuatku tau berbagai fasilitas dan merasakan banyak pengalaman bagaimana di negeri orang, apa apa dilakukan dengan serius dan sempurna. Tamu adalah raja memang benar adanya.

Lalu apa saja yang ditawarkan Bandara yang pertama kali dioperasikan pada tahun 1925 ini. Berikut ini adalah beberapa catatanku..

1.       Internet Gratis

Ketika landing di Bandara  ini aku membayangkan rasa bosan akut selama empat jam kedepan. Ternyata dugaan itu salah. Transit dengan waktu lama sepertinya tetap saja mengasyikkan. Maka jangan pernah akan merasa bosan jika transit di Bandara  Hongkong. Apalagi jika membawa laptop atau gadget. Karena Bandara  ini di lengkapi dengan akses Wi-Fi yang dapat dinikmati secara gratis tanpa harus registrasi.

Internet dengan kecepatan tinggi

Internet dengan kecepatan tinggi

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menikmati koneksi ini.

  • Non aktifkan data service (GPRS atau 3G) untuk menghentikan layanan roaming.
  • Pilih “HKAirport Free Wifi” sebagai connection network (SSID).
  • Buka internet browser dan pilih salah satu alamat situs yang ingin dikunjungi.
  • Klik “Accept & Continue” setelah membaca seluruh syarat dan ketentuan.
  • Selamat menikmati layanan Wi-Fi gratis.

Mudah bukan? Bagi yang tidak membawa laptop atau gadget tidak perlu khawatir. Karena di sepanjang ruang tunggu banyak tersedia PC yang terkoneksi dengan internet yang super cepat. Yang penting mau sabar mengantri. Karena fasilitas yang satu ini diserbu oleh banyak penumpang🙂

2.       Prayer Room

Tidak banyak Bandara  internasional yang di dalamnya terdapat fasilitas prayer room. Padahal fasilitas ini sangat penting untuk memudahkan penumpang yang ingin beribadah. Selain Bandara  Hongkong  ada juga Bandara  internasional lainnya yang memiliki fasilitas ini. Seperti Changi airport, Frankfrut airport, Detroit Airport dan beberapa Bandara  internasional lainnya.

Setau-ku Bandara  Hongkong  memiliki dua buah prayer room. Satu berada di terminal satu tepatnya di  level 7, Ruang check in dekat Aisle (gang) A. Sedangkan prayer room lainnya terdapat di terminal dua. Tepatnya di level lima, ruang check in dekat Aisle (gang) N. Kedua prayer room ini buka dari pukul enam pagi hingga pukul 00 tengah malam.

Tapi tidak jarang, banyak juga diantara penumpang yang tetap memilih beribadah seperti shalat di ruang tunggu. Mengambil posisi di pojokan atau tempat yang “jauh” dari keramaian. Yang penting shalat pun tetap bisa ditegakkan. Disini semua orang sibuk, jadi tidak sempat mengurusi urusan orang lain apalagi sekedar menyaksikan orang yang sedang shalat.

Prayer Room di Bandara Chek Lap Kok Hongkong

Prayer Room di Bandara Chek Lap Kok Hongkong

Prayer Room tampak dari dalam

Prayer Room tampak dari dalam

Namanya juga prayer room. Fasilitas ini bukan saja milik umat Islam. Tapi untuk semua penganut agama yang memerlukan tempat untuk berdoa. Dan hampir semua Airport memberlakukan aturan yang sama. Jika satu ruang dipergunakan untuk semua agama.

Aku jadi teringat dulu ketika transit di Changi Airport Singapura, aku mencari tempat shalat. Sampai akhirnya aku bertemu dengan petugas Bandara yang menujuk arah lokasi prayer room. Ketika kutanya apakah itu untuk muslim, dia menjawab itu ruangan untuk semua agama!

Meski digunakan untuk semua agama, namun ruangan prayer room di Bandara Hongkong ini tetap menyediakan tempat wudhu yang bersih dan sangat representatif. Jangan lupa bawa sajadah karena itu tidak disediakan disini. Tapi jangan khawatir ruangannya bersih kok.

3.       Shopping, dining dan entertaiment

Shopping, dining dan entertaiment adalah tiga fasilitas lain yang dihadirkan di Bandara ini. Biasanya transit membutuhkan waktu berjam jam. Namun Bandara ini seperti nya tau bagaimana memanjakan para penumpang yang transit.

Entertaiment di HongKong International Airport (taken from panoramio.com)

Entertaiment di HongKong International Airport (taken from panoramio.com)

Di Bandara  ini dining dibagi ke dalam beberapa kategori. Seperti Asian Restaurants, Bakery Shops, Chinese Restaurants / Hong Kong Style Coffee Shops, Dessert Shops, Fast Food, Food Courts, Western Restaurants, Bars, Coffee Shops & Cafes.

Tapi bagi yang muslim harus lebih selektif ketika memilih makanan. Sejauh amatanku hanya ada satu gerai yang menjual makanan halal. Itu bisa dilihat dari stiker dengan logo Halal yang tertempel. Gerai itu adalah  fast food popeyes.

bandara hongkong3

Antrian di Gerai fast food Popeye yang berlogo Halal

Popeyes terletak di dua lokasi yang berbeda. Gerai yang satu berada di gedung check in keberangkatan, Level 7. Di sini Popeyes dibuka sejak pukul 06:00 hingga 23:00. Sedangkan gerai yang satunya lagi berada di Departures East Hall, Level 7 dan mulai buka sejak pukul 06:30 hingga 23:30

Gerai ini menjual ayam goreng dan beberapa menu lainnya.  Maka jangan heran jika popeyes diserbu pembeli yang kebanyakan muslim. Dari antrian kita melihat penumpang berjanggut, berkopiah hingga berjilbab dengan wajah berperawakan Timur Tengah.

4.       Money Exchange, Bank Service dan ATM

Sebagai Bandara Internasional tentu saja fasilitas di Bandara ini tersedia dengan baik apalagi mengingat jika Bandara  ini dikunjungi jutaan orang setiap tahun. Tahun 2012 saja sebanyak 56 juta penumpang hilik mudik di Bandara ini. Sehingga salah satu komponen penting yang harus tersedia adalah layanan perbankan baik itu ATM hingga tempat penukaran uang.

Ada beberapa bank besar dunia yang membuka layananya di Bandara ini. Sebut saja Bank of China, HSBC, Citibank dan ANZ Bank. Aku termasuk yang menggunakan fasilitas perbankan di Bandara  ini. Aku menukar US Dolarku ke Dolar Hongkong  untuk membeli makanan di Restoran.

5.       View yang indah

Bandara  Hongkong  didesain dengan gaya futuristik dan go green. Bangunan ini memiliki atap menjulang tinggi dengan susunan kaca berukuran besar di sisi kiri dan kanan bangunan. Jika pagi dan siang hari Bandara ini hampir tidak memerlukan bantuan cahaya lampu karena sinar matahari masuk dengan sempurna.

Bandara  ini juga memiliki miniatur taman dan resting lounges. Para penumpang dapat mengunjungi lokasi tersebut di terminal keberangkatan, gate 21, 26, 34, 41 dan 61. Disana terdapat taman yang menawarkan nuasana relaksasi dengan mengedepankan lingkungan hijau. Panorama ini tentu saja membantu para penumpang dalam mengembalikan energi yang terbuang saat melakukan perjalanan panjang. Para penumpang dimanjakan dengan tempat duduk yang nyaman sambil menunggu keberangkatan berikutnya.

6.       Petugas Bandara  yang ramah

Bandara  Chek Lap Kok juga menghadirkan para duta Bandara atau disebut Airport Ambassadors yang ditempatkan pada posisi yang strategis. Keberadaan mereka sangat membantu para penumpang yang mungkin baru pertama kali menginjakkan kaki ke Bandara  ini. Termasuk aku.

bandara hongkong2

Hilir mudik penumpang di HongKong International Airport

Duta Bandara  memakai seragam yang sama, mereka juga murah senyum serta ramah. Seperti nya ini menjadi fokus Airport Authority Hong Kong yang mengelola Bandara ini. Pengelola seperti memiliki kewajiban untuk memberikan rasa nyaman bagi seluruh penumpang tujuan Hongkong  maupun penumpang transit.

The Airport Ambassador Programme (APP) adalah salah satu dari layanan yang diberikan agar penumpang  merasa sedang berada di dalam rumah. Program yang diresmikan pada tahun 2002 ini mentraining lebih dari seribu pemuda dan pelajar.

Airport Ambassadors yang melayani penumpang

Airport Ambassadors yang melayani penumpang

Tugas para duta ini mulai dari menyambut para penumpang, menjawab seluruh pertanyaan dan menunjukkan arah. Bahkan menawarkan diri untuk menemani penumpang jika dibutuhkan. Dan yang terpenting adalah mengkampanyekan keselamatan penumpang dalam penerbangan sipil.

So jika ke Bandara  Hongkong  jangan segan segan bertanya kepada Airport Ambassador. Toh layanan ini gratis hehhe.

7.       Imigrasi yang “menegangkan”

Yang satu ini memang bukan bagian dari fasilitas Bandara. Tetapi ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Hong Kong International Airport. Sudah menjadi kelaziman jika masuk ke wilayah teritorial China maka akan berhadapan dengan petugas imigrasi yang kaku. Jangan harap senyuman dari mereka. Setidaknya itu pengalamanku ketika di Beijing Capital International Airport dan HongKong nternational Airport. Jangankan di meja imigrasi ketika pemeriksaan x-ray saja semuanya terkesan buru buru.

Di Bandara Hongkong, setelah landing dan menuju ruang transit kita harus melewati pemeriksaan super ketat. Aku melihat seorang penumpang bule mulai melepas satu persatu atribut yang dipakainya. Mulai jam, dompet, jaket, handphone hingga tali pinggang. Semuanya dimasukkan kedalam box yang terdapat di dekat x-ray. Semua wajah penumpang tampak tegang. Huft kenapa suasana jadi seperti ini.

Tapi jika prosedur kita jalankan dengan baik maka semuanya akan berlangsung aman. Yang terpenting jangan melakukan tingkah yang bisa menarik perhatian. Soalnya urusannya jadi panjang. Setidaknya kita akan diwawancarai satu dua pertanyaan.

Itu dia beberapa hal menarik yang saya peroleh selama duduk manis di Bandara Hong Kong atau yang juga dikenal sebagai Bandara Chek Lap Kok. Semoga apa yang disuguhkan di Bandara ini dapat diterapkan di Bandara kita.

**

Sesuai dengan pengalaman pribadi dan disempurnakan dari beberapa sumber lainnya.

7 thoughts on “MENGENAL CHEK LAP KOK INTERNATIONAL AIRPORT

  1. Sepengetahuan saya Kai Tak dan Chek Lap Kok adalah dua bandara yg berbeda. Kai Tak adalah bandara lama yang digantikan oleh Chek Lap Kok sekitar tahun 98. Kai Tak seingat saya ada di Kowloon sementara Chek Lap Kok ada di Lan Tau.

    Salah satu bandara terbaik di dunia menurut saya. Nyaman dan fasilitasnya lengkap. Beberapa maskapai bisa check in dan drop bagasi di airport station. Sangat memudahkan.

  2. bener2 great experience at that moment especially in this airport. and nice to be there and know that airport closely….by the way,
    riel mana cerita detik detik perjuangan menaiki pesawat????
    dtggu cerita nya🙂

  3. hehehehehe…sorry riel. ternyata udah da critanya. yaaah..ketinggalan. baru baca nih. but trims ya bwt semua ceritanya……mengingatkan kembali cerita tentang keindahan nepal ,ketemu teman teman baru yg baik dan menyenangkan serta belajar byk hal dr workshop yg diikuti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s