Berqurban Dengan Hewan Terbaik

Image

Pasar Hewan Cot Iri Kecamatan Barona Jaya Aceh Besar

Hari raya Idul Adha semakin dekat. Saya ditugaskan kantor untuk meliput pasar hewan di kawasan Cot Iri Kecamatan Barona Jaya Aceh Besar. Disana ada pasar hewan yang hanya buka setiap hari sabtu.

Selain di Cot Iri, di Aceh besar ada lokasi lain yang juga menjual hewan. Seperti pasar di Seulimum yang buka setiap senin serta di Sibreh yang buka setiap hari rabu. Biasanya pasar pasar ini diserbu pembeli. Apalagi menjelang Qurban seperti ini.

Harga yang dijual memang bervariasi. Jika kambing harga yang dipatok mulai dari 1.7 Juta Rupiah hingga 3.5 Juta Rupiah. Harga sangat ditentukan dari besar kecilnya ukuran hewan. Sedangkan sapi harga yang dibuka mulai dari 8 juta Rupiah hingga 14 Juta Rupiah. Sehingga tidak mengherankan transaksi bisnis di pasar ini untuk kambing saja bisa mencapai 30 Juta Rupiah.

Image

Sisi lain Pasar Hewan Cot Iri Kecamatan Barona Jaya Aceh Besar yang menjual kambing

Masyarakat yang ingin berqurban biasanya mendatangi pasar yang seperti ini. Mereka mulai memilih hewan ternak yang hendak disembelih. Namun bagi yang kurang faham biasanya lebih memilih untuk menyerahkan urusan tersebut kepada panitia Qurban. Tetapi bagi yang ingin membeli sendiri hewan qurbannya harus memiliki pemahaman tentang syarat hewan qurban yang dibenarkan untuk disembelih.

Dan ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli hewan Qurban menurut salah seorang penjual yang sudah berpengalaman lebih dari 32 tahun.

 

1.  Umur hewan Qurban. 

Pilih hewan kurban yang cukup umur. Untuk kambing dan domba kriteria umurnya adalah 12 hingga 18 bulan. Sedangkan untuk Sapi atau Kerbau adalah 22 Bulan.

Cara untuk mengetahui umur hewan kurban cukup dengan mengamati gigi-gigi ternak tersebut. Jika gigi susunya telah tanggal (dua gigi susu yang di depan), itu menandakan ternak tersebut sudah cukup umur untuk disembelih.

2.  Bulu hewan Qurban terlihat halus, mengkilat dan bersih.

3.  Kondisi badan hewan harus sehat.

Secara fisik dapat dilihat dari ukuran badannya. Hewan yang gemuk dan berisi sangat direkomendasikan untuk di Qurbankan dibandingkan dengan hewan ternak yang kurus.

4.  Mata hewan qurban bersih dan berwarnah cerah.

Jika mendapati hewan ternak yang matanya tidak cerah atau berwarna merah berarti hewan tersebut sakit. Dan hewan sakit dilarang untuk di Qurbankan karena di khawatirkan dalam tubuhnya seperti daging terdapat penyakit yang berbahaya jika di konsumsi.

Image

Kawanan sapi yang dijual. Harga dapat mencapai14 Juta Rupiah

5.  Kotoran hewan

Tidak ada salahnya ketika membeli hewan Qurban salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kotorannya. Untuk sapi jika kotorannya cair maka hewan tersebut terindikasi sakit. Maka disarankan untuk tidak membeli hewan dalam kondisi sakit.

6.  Tidak menderita penyakit kulit (Scabies).

7.  Tidak cacat atau kehilangan salah satu anggota tubuhnya.

Salah satu ciri mudah yang dapat dilihat jika hewan ternak tersebut tidak cacat adalah kakinya. Kaki hewan harus lurus saat berdiri tegak. Jika tampak pincang maka hewan tersebut dikategorikan sebagai hewan cacat. Selain itu lihat juga telinganya. Apakah normal atau dalam kondisi cacat.

8.  Liur tidak berlebihan dan hidung tidak berlendir.

Image

Jumlah sapi yang dijual setiap hari Sabtu bisa mencapai puluhan ekor.

Itulah beberapa hal yang patut diperhatikan ketika memilih hewan Qurban. Satu hal yang harus diperhatikan ketika memilih hewan ternak jika bertepatan dengan musim hujan. Sebab, di musim hujan hewan ternak  rentan terkena diare dan cacingan. Biasanya pada hewan yang cacingan kulitnya terlihat kusam dan badannya kurus.

Selamat Berqurban…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s