PULPEN API

Image

Kahfi dan Ibunya

Keponakanku yang paling tua namanya Kahfi, Shahibul Kahfi lengkapnya. Dia anak kakakku yang pertama. Kahfi punya kebiasan menggambar dengan tangan kiri. Tapi jangan ragukan hasilnya. Gambarnya bagus banget sampai detail di tiap garisnya pun juga tidak luput dari perhatiannya. Apa yang ada di dalam pikiran Kahfi semua tertuang di atas kertas bekas ngeprint tugas ibunya. Kakakku yang biasa kami panggil Kak Lia faham dengan potensi Kahfi kerap membawa kertas bekas dari kantornya.

Sudah menjadi kelaziman jika seorang Ibu akan merasa bangga jika anaknya berpotensi. Termasuk kakak ku. Kalo Kahfi sedang menggambar Kak Lia pasti berada disampingnya. Mulai dari menuntun Kahfi memilih warna yang tepat hingga mengusap keringat Kahfi jika suasana terlalu panas. Uda kayak dikamar operasi aj.

“Bagus kan? itu baru pakai tangan kiri lho, belum lagi pakai tangan kanan” kata Kakakku bangga.

Biasanya kami hanya melongo tiap kali mendengar selorohan ibunya . Dan kami jarang membahas karena kami nilai statement itu tidak penting untuk ditanggapi.

Kalau sedang menggambar biasa nya Kahfi menggunakan pulpes khusus yang tintanya tebal. Pulpen itu disimpannya dengan baik. Kahfi termasuk anak yang merawat setiap mainan atau barang miliknya. Jangan harap bisa menyentuh barang barangnya jika tidak ingin melihatnya marah atau menangis. Kalau sudah demikian Kak Lia datang dengan menggunakan sayap hitam dengan penutup mata berwarna kuning. Ngak matching.

Selain itu kalau sedang mengambar kahfi juga menggunakan kekuatan pikiran plus tingkat konsentrasi yang tinggi. Dia paling marah kalau konsentrasinya diganggu, dan biasanya yang sering mengganggu itu ya aku, Yah Cut nya.

Nah hari itu aku bersiap-siap ke TVRI, sebagai presenter berita aku harus tiba di studio siaran satu jam sebelum siaran dimulai. Dengan sigap aku kumpulkan segala hal yang penting untuk dibawa ke dalam mobil, mulai dari jas, peci sampai dasi, tidak lupa buku notes dan pulpen.

Namun ketika aku siap untuk berangkat, dari dalam rumah Kahfi tiba-tiba memanggilku.

“Yah Cut, pulpen Api pat?” Kahfi biasa menyebut dirinya Api karena mungkin lebih gampang .

“pulpen peu? Hana bak Yah Cut. tanyeung bak Mamak. Yah Cut ka teulat nyoe”

Aku langsung masuk mobil, supir TVRI yang dari tadi sudah menunggu langsung tancap gas. Aku melihat Kahfi masih merengek rengek di teras rumah.

Di studio siaran jam sudah mengarah ke pukul setengah 5 sore. Artinya aku sudah bisa pasang muka semanis mungkin karena siaran akan dimulai. Tiba-tiba sebuah sms masuk. Aku sempatkan baca

Pat pulpen Api”? sms dari Kak Lia.

Karena terburu buru aku santai menjawab “Nggak tau!”

Tapi ceritanya belum berakhir sampai disitu. Sepanjang siaran Handphone di dalam saku kanan jas ku terus bergetar. Saat ada kesempatan aku coba pastikan siapa yang menelepon. “Kak Lia”. Aku yakin ini masih tentang pulpen Kahfi. Aku sempat dongkol, cuma masalah pulpen aja sampai dibesar besar kan seperti ini. Lebai deh!

Setelah semua berita sudah selesai aku baca. Aku kembali ditelepon. Ya siapa lagi kalau bukan Kak Lia.

“Mana pulpen Kahfi?”

“Waduh dari tadi kok itu itu aja yang ditanyain, mending kak lia nanggepin siaran aku tadi aja. Lebih seru. Ya ngak?”

“Udah ngak lucu, mana pulpen Kahfi?”

“Aku ngak tau aku, emang terakhir dia menggambar dimana?”

“Emang tadi waktu siaran kamu pakai pulpen siapa?” Kak Lia makin mengganas. Aku yakin dia sudah memakai sayap dan penutup matanya. Saatnya beraksi.

Aku terpaku, dengan secepat kilat aku sambar tas dan mengobrak ngabrik isinya

“Hehheh sory bu, iya ne pulpennya Kahfi kebawa” Sebuah nama tertulis rapi disana “KAHFI”.

Jumat, 10 juli 2009

Azan magrib euy..

Yah Cut                                    : paman/ om

Yah Cut, pulpen Api pa            : dimana pulpen Api

pulpen peu? Hana bak Yah Cut. tanyeung bak mamak. Yah Cut ka teulat nyoe : Pulpen apa? Paman ngak tau. Tanya Mamak saja. Paman udah telat ni

Leave a Reply

