KETIKA PIYOH “PIYOH” DI BUMI PALESTINA

Aku memiliki seorang teman yang berprofesi sebagai jurnalis. Dia bertugas di Gaza Palestina. Abdillah Onim namanya. Tapi aku biasa memanggilnya Bang Onim. Sedangkan ia memanggilku Bang Agam. Mungkin karena aku berasal dari Aceh. Disini laki laki biasa dipanggil Gam atau Agam.

Selain sebagai jurnalis Bang Onim juga menjadi relawan kemanusiaan. Dia pernah bekerja disalah satu lembaga kemanusiaan asal Indonesia yang  sedang mengerjakan proyek pembangunan sebuah Rumah Sakit.

Bang Onim memang asli Indonesia. Dia berasal dari Maluku. Dia menetap disana setelah menikah dengan seorang perempuan asal Gaza dan memiliki seorang putri yang cantik.

Image

Abdillah Onim Memakai kaos Piyoh

Perkenalanaku dengan Bang Onim berawal ketika aku menjabat sebagai Manajer Program di salah satu Radio Islam di Banda Aceh. Saat itu aku bertekad untuk mengembangkan program berita dan talkshow sebagai mercusuar Radio dakwah ini. Berbagai upaya kutempuh salah satunya membangun kemitraan dengan jurnalis yang berada di luar Indonesia khususnya negara Timur Tengah.

Hubunganku dengan Bang Onim semakin intens ketika perang berkecamuk di Gaza. Darinya aku tau jika suasana  disana sangat mencekam. Zionis Israel mengempur Gaza tanpa ampun. Korbanpun berjatuhan. Jika selama ini aku terbiasa dengan mengutip berita dari sejumlah media, kali ini aku ingin suara dari Palestina dapat didengar secara langsung. Namun karena jaringan komunikasi yang sulit, keinginanku harus dipendam dalam dalam. Meski demikian komunikasi kami tetap berjalan melalui BBM.

Keakrabanku dengan Bang Onim tidak hanya sebatas hubungan profesionalisme kerja. Melainkan lebih dari itu. Terkadang Obrolan kami tidak hanya berkaitan dengan isu Palestina. Tapi juga memperbincangkan tentang keluarga.

Suatu hari aku berniat mengirimnya marchandise Aceh. Ya hitung hitung memperkenalkan Aceh ke mata dunia. Tapi waktu itu aku bingung, barang apa yang mau kuberi dan bagaimana mengirimnya.

Suatu hari Bang Onim mengabarkan jika seorang syech Palestina tengah berada di Jakarta dan hendak pulang ke Gaza. Akupun mengirimkan paket tersebut ke lembaga tempat Bang Onim bekerja untuk diteruskan ke palestina.

Dalam paket itu aku menghadiahinya baju kaos Piyoh berwarna hitam bertuliskan ACEH. Aku sengaja memilih kaos yang bertuliskan ACEH supaya ketika Bang Onim memakainya orang akan semakin familiar dengan nama Aceh. Meski nama ini sudah dikenal pasca Tsunami 2004 silam.

Selain baju kaos, istriku juga membeli bross yang dihadiahi untuk istrinya Bang Onim. Bross itu juga aku beli di toko Piyoh di kawasan Ulee Kareng Banda Aceh. Sebagai pelengkap aku juga membeli beberapa gantungan kunci yang bergambar Mesjid Raya Baiturrahman dan Museum Tsunami Aceh.

Alasanku memilih produk Piyoh karena kualitasnya bagus. Desainnya juga keren. Yang paling penting adalah harganya yang terjangkau. Sebenarnya sebelum membeli Marchandise untuk dikirim ke Palestina, aku sendiri juga sudah pernah membeli sebuah kaos Piyoh berwarna merah yang bertuliskan Aceh. Baju itu aku gunakan ketika jalan jalan ke Durbar Square Kathmandu Nepal.

Aku jadi teringat dengan sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari jika Rasulullah pernah bersabda “Salinglah memberi hadiah, niscaya kalian akan saling mencintai.”

Bagiku, persaudaraan yang terbina antara Aceh dan Palestina memang memiliki makna yang besar. Suatu saat nanti aku berharap dapat menginjakkan kaki di tanah Palestina sambil membawa Piyoh yang banyak, untuk dibagi bagikan kepada mereka disana.

7 thoughts on “KETIKA PIYOH “PIYOH” DI BUMI PALESTINA

  1. Kisah yg menarik dibaca. Ada info yg terselit di mana-mana ttg bersilaturahim, kecintaan sesama umat, kebanggaan terhadap negara sendiri, serta aspek kemanusiaan yg lain2 dlm penulisan ini. Congrats for writing this kind of “easy and interesting reading” material.

Leave a Reply

